Selasa, 11 Oktober 2011

secarik jumnas part 1

Laporan
3 Mei 2011
          Hari ini di sekolah ada latihan rutin (larut) untuk PMR. Di akhir latihan kakak kelasku memberitahukan bahwa akan ada Jumnas yang digelar di Gorontalo. Oleh karena itu, PMI Kota YK akan mengadakan seleksi untuk JUMNAS tersebut. Aku mulai mencoba mendaftar.
14 Mei 2011
          Hari ini PMR di sekolahku akan mengadakan GTM  ( Gladhi Tangguh Medan) yang akan berlangsung sampai tanggal 15 Mei 2011. Padahal, seleksi tertulis JUMNAS juga tanggal 15 Mei. Akhirnya diputuskan, peserta seleksi dari SMA N 1 Yk melakukan tes tertulis pada tanggal 15 mei pukul 12.00 di Markaz PMI Kota. Aku berangkat bersama 2 orang temanku dan 3 orang kakak kelasku yang juga mengikuti Jumnas. Ada beberapa soal yang harus dikerjakan. Untuk tes ini aku optimis bisa masuk.
15 Mei 2011
          Setelah kemarin melakukan tes tertulis, aku mengikuti GTM yang diselenggarakan oleh PMR di sekolah yang bertempat di Piyungan. Kegiatan ini membentuk fisik kami agar lebih kuat. Untuk kegiatan ini aku harus membayar Rp.30.000,00
16 Mei 2011
          Sampai di sekolah aku langsung mebaca FB PMR Yogya untuk melihat pengumuman hasil tes tertulis. Dan, Alhamdulillah, aku berhasil masuk. Dari sekolahku yang lolos tes ini adalah Widy, aku, dan mas Rahmanto.

Hasil seleksi tes tertulis Calon peserta Jumbara PMR tk Nasional 2011 PMI Kota Yogyakarta

oleh Pmr Yogya pada 14 Mei 2011 jam 20:54
Hasil Seleksi Tes Tertulis
A. Tingkat Mula/SD
1. M Salvian Adi P SD N Bhayangkara
2. Murfid SD N Bhayangkara
3. Awan Rwindra W SD N Bhayangkara
4. R Cantyadriya P SD N Bhayangkara
5. M. Anggita adi W SD N Bhayangkara
6. Raka Arfian R SD N Bhayangkara
7. Salma Salsabila Hasna SD N Bhayangkara
8. Kiki Dwi Amanda Putri SD N Bhayangkara
9. Anisa Melia R SD N Bhayangkara
10. Mellyana Alvi Purni SD N Rejowinangun 1
11. Afifah Nur Mayli A SD N Rejowinangun 1
12. Septi Anisa Novita SD Muh Kleco
13. Hasna Humairo M SD Muh Kleco
14. Zahwa adistya W SD Muh Kleco
B. Tingkat Madya / SMP
1. Alfian Tri G SMP Muh 2
2. Fadhel akbar Fauzi MTs Muallimin
3. Jamaludin shadik S MTsN Yogyakarta 1
4. M. Fattah SMP Negeri 10
5. Febru Danar S MTSN UIN
6. Alqodri Ansogar D SMP Negeri 4
7. Yenny Dwi Yuliani SMP Taman Dewasa
8. Putri Sulhana EB SMP Muh 2
9. Farah Alya I SMP Negeri 4
10. Nurul Maisaroh SMP Muh 9
11. Clara Pontifisia SMP Negeri 4
12. Nurmaida Ayuk I SMP Negeri 8
13. Indah Gita Cahyani SMP Negeri 6
14. Annisa Ardi A SMP Negeri 9
C. Tingkat Wira/SMA/SMK/MA
1. Amalina Kurniasari SMA Negeri 3
2. Regista Mulya N SMA Negeri 2
3. Kristanti Martha Sari SMA Negeri 6
4. Sandra Astrie K SMA Negeri 5
5. Fadilla Muktiawati SMA Negeri 8
6. Miftah Nurrokhimah SMA Negeri 1
7. Widyastuti Lintang SMA Negeri 1
8. Rahmanto SMA Negeri 1
9. Ocki A MAN UIN
10. Danang Dwi H MA Mualimmin
11. Nur Ichsanudin SMA Negeri 6
12. Ekta Arief Darmawan SMA Negeri 5
13. Stefanus adhi S SMA Negeri 6

17 Mei 2011
          Tes selanjutnya adalah tes praktek dan tes wawancara. Dalam tes ini aku bertemu banyak teman baru. Seperti Mbak Astri dari SMA N 5 Yk, mbak Gista dari SMA N 2 Yk, Nia dari SMA N 3 Yk, Dilla dari SMA N 8 Yk. Tes prakteknya adalah PP Individu. Sangat mendebarkan sekali ketika mulai tes praktek. Kemudian, ada tes wawancara. Tes inilah yang dari dulu paling aku takuti. Dalam tes ini ada 5 orang penilai, yaitu: Mas Bahar, mas Raya, mbak Obie, Mas Anton, mas fauzi. Hasil tes ini akan diumumkan besok harinya. Aku pulang dari tes ini sekitar jam 06.30 malam.Oh ya,,,di tes wawancara ini aku disuruh menampilkan keterampilan yang aku punya,  padahl aku nggak bisa apa-apa...akhirnya aku tulis bisa Karawitan,,,dan suruh nembang,,wkwk,,,padahal kalau aku nembang,,,nadanya bisa ngalor ngidul,,,, Kemudian, sekitar jam 07.30 aku pergi ke Markaz PMI Sleman untuk menemani temenku yang ingin mengikuti seleksi Jumnas tapi dari kabupaten Sleman. Dan, akhirnya pulang ke rumah sekitar jam 21.00
18  Mei 2011
          Hari ini pengumuman tes praktek dan wawancara. Alhamdulillah, aku diterima. Selanjutnya, selama 3 hari ke depan, aku akan mengikuti tes penambahan materi, juga tentang KAP.

Hasil tes praktek n wawancara

oleh Pmr Yogya pada 18 Mei 2011 jam 11:13
  1. A.     Tingkat Mula/SD Putra
  2. M Salvian Adi Pratama                       SD N Bhayangkara
  3. Raka Afnan Ramadhan                      SD N Bhayangkara
  4. Awan Rwindra W                                SD N Bhayangkara
  5. R Cantyadriya P                                  SD N Bhayangkara
  6. B.      Tingkat Mula/SDPutri
  7. Salma SalsabilaHasna                         SD N Bhayangkara
  8. Zahwa Adistya Wicaksana                  SD MuhKleco
  9. Afifah Nurmayliana Rahmi                   SD N Rejowinangun 1
  10. Septi AnisaNovita                                SD MuhKleco
  11. C.      Tingkat Madya / SMP Putra
  12. AlQodri Ansogar Darmaya                 SMP Negeri  4
  13. M. Fattah                                            SMP Negeri  10
  14. Fadhel Akbar Fauzi                              MTs Muallimin
  15. Alfian Tri Gustama                              SMP Muh 2
  16. D.     Tingkat Madya / SMPPutri
  17. Farah Alya Irsalina                              SMP Negeri 4
  18. Annisa Ardi Ayuningtyas                     SMP Negeri 9
  19. Clara Pontifisia Selesiana                   SMP Negeri 4
  20. Nurul Maisaroh                                   SMP Muh 9
  21. E.      Tingkat Wira/ Putri
  22. Sandra AstrieKurniawati                     SMA Negeri 5
  23. Miftah Nurrokhimah                           SMA Negeri 1
  24. Amalina Kurniasari                             SMA Negeri  3
  25. Regista MulyaNurzamiati                   SMA Negeri 2
  26. F.       Tingkat Wira/ Putra
  27. NurIchsanudin                                     SMA Negeri 6
  28. Deny DwiHartanto                              MA Mualimmin
  29. OckiAmritsani                                     MAN UIN
BAGI NAMA-NAMA YANG LOLOS DIHARAPKAN KEHADIRANNYA PADA :
HARI                      : Kamis
JAM                       : 14.00 – SELESAI
TEMPAT               : PMI KOTA YOGYAKARTA
MATERI TES        : Penambahan Materi

19 Mei 2011
          Hari pertama penambahan materi ini aku datang telat. Karena, sekolah baru keluar sekitar jam 14.00. Di sini, aku merasakan bagaimana suasana Jumnas besok. Juga, aku dapat bertemu dengan teman-teman baru. Dan itu sangat menyenangkan bagiku. Penambahan materi yang ditambahkan tentang PP, Kepemimpinan, siaga bencana, ada juga yang melatih kerjasama kami.
20 mei 2011
          Hari ini hari kedua, aku tidak telat lagi. Maish seperti kemarin, penambahan materinya terus dilakukan. Penambahan materi ini selesai sekitar pukul 17.30. Aku pulang sendiri naik motor. Rencananya, aku mau lewat RSU PKU Muhammadiyah ke utara, kemudian menuju arah Pingit,. Seperti yang mbak Gista tunjukkan hari kamis. Tapi, aku malah menuu arah Kota Baru, aduh, mana aku belum mengerti jalan-jalan di kota Jogja. Akhirnya, setelah bertanya kesana kemari, aku dapat kembali ke rumah, meskipun sudah sangat telat.
21 Mei 2011
          Hari terakhir penambahan materi, hari ini lebih ditekankan tentang evaluasi dari dua hari kemarin. Ada tes mendadak yang diberikan dengan waktu 15 menit. Setelah itu, penutupan dengan diwarnai haru biru. Kemudian aku pulang, dan membeli bensin di daerah Jati kencana sebesar Rp 10.000,00.
28 mei 2011
          Hari ini ada wisuda untuk kelas XII, aku ikut sebagai panitia. Dan, di tengah-tengah acara,ada sms masuk dari Nia ( SMA N 3 YK), dia memberitahukan, kalau hasil tes Jumnasnya sudah keluar. Tetapi, aku tidak masuk. Rasanya sedih banget. Tapi, mau bagaimana lagi, semuanya sudah diputuskan. Tapi, aku tetap bersemangat. Aku tetap menyemangati teman-temanku yang lolos.
17 Juni 2011
          Aku sudah tidak terlalu memikirkan Jumnas lagi. Aku ingin lebih fokus ke sekolah. Secara, nilai akademikku banyak yang turun. Hari ini, ada remidi lagi hasil UAS kemarin. Tapi, sekolah sudah tidak terlalu ribet. Kemudian, tiba-tiba ada telepon dari nomor yang tidak kukenal. Ternyata telepon dari PMI Kota, memberitahukan kalau aku lolos JUMNAS. Dikarenakan ada peserta yang mengndurkan diri. Tentu saja,aku sangat senang. Kemudian disuruh kumpul di Markaz Kota untuk pemberitahuan lebih lanjut lagi. Akhirnya, aku putuskan untuk pulang ke rumah dulu. Memberitahukan hal ini kepada orang tua. Beliau memutuskan semuanya terserah kepadaku.
         Sampai di Markaz Kota sudah banyak teman-teman yang kumpul. Kemudian Mas bahar, Mbak obie, mas fauzi, mas anton, mas raya menjelaskan semuanya. Dari mulai masalah biaya yang paling lambat dikumpulkan tanggal 21 juni 2011, kemudian ada kegiatan TC yang diadakan tanggal 19-23 Juni 2011. Hal ini membutku merasa galau. Karena, aku dapat uang sebesar Rp 1.000.000,00 dari mana, dan pada tanggal 20 Juni 2011 di sekoalhku akan diadakan outdoor study. Kontan hal ini membuatku galau.
          Sampai di rumah aku masih galau, dan akhirnya aku sampai menangis. Aku putuskan besok akan menemui guruku,untuk meminta bantuan. Apakah aku diizinkan dan akan diberikan bantuan untuk biaya JUMNAS ini.
18 Mei 2011
          Hari ini, aku berjuang mencari izin dari sekolah. Mulai dari izin tidak mengikuti Outdoor study, PTB yang telat 1 hari, sampai aku harus tidak masuk sekolah selama 3 hari. Untuk hari ini, akhirnya aku putuskan untuk mencari surat izin Out door Study dan izin PTB. Susah banget, tapi akhirnya dapat izin juga. Juga untuk masalah biaya akhirnya ada sebuah LSM ( Lembaga Swadaya Muslim) yang akhirnya mau membantu. Huft, leganya J.
          Malamnya, aku datang ke MTs N Sleman Kota, tempat dimana aku bersekolah dulu. Hari ini akan diadakan Makrab PMR yang ada di sana. Aku diundang sebagai pembantu panitia. Yah. Aku melakukan ini untuk membalas jasa sekolah ini yang berjasa mengantarkan aku sampai SMA ini. Banyak acara yang dilalui, aku berencana pulang sekitar jam 00.00. Karena, besok minggu aku harus mengikuti TC untuk persiapan JUMNAS.
          Di sini aku tidak sendiri. Ada adik kelasku yang juga terpilih untuk mengikuti JUMNAS namanya Khusni. Selain itu, dari SMA lain yang diundang oleh panitia ini juga mengikuti JUMNAS, dan datang ke acara ini namanya Mas Bonar. Setelah acara selesai aku pulang.
19 Mei 2011
          Hari pertama TC. Aku diantar kakakku ke PUSDIKLAT PMI. Tapi, sebelum ke Pusdiklat aku mampir ke PMI KOTA untuk membayar biaya adminstrasi, sayangnya Mas Bachar nggak ada di sana. Ya udah, nanti aku titipkan ke mbak obie. Sempet bingung dimana letak Pusdiklat PMI DIY, Alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Di sini aku bertemu dengan banyak orang. Kalau dari PMI KOTA aku sudah kenal semua. Aku juga mengenal beberapa oran dari PMI Sleman. Seperti Mas Bonar dari SMK N 2 Depok yang kemarin juga datang ke Makrab PMR MTs. Adik kelasku sendiri, temannya temenku yaitu Mutaalifi dan Tyas. Tapi jujur yang dari Bantul aku sama sekali belum kenal. Sedangkan dari Gunung Kidul baru datang terakhir dan aku sama sekali belum kenal. Kemudian tiba saatnya pemilihan Pak Lurah dan Bu Lurah. Dari anak PMR Kota, sepakat akan memilih Ikhsan sebagai pak lurahnya. Dan, ternyata benar dia jadi Pak Lurah. Kemudian Bu lurah yang dipilih. Jujur, aku pingin mbak astri yang jadi bu lurah. Dia udah keibuan banget. Eh, nggak disangka nilaiku melebihi mbak astri tapi sama dengan bintari dari GK yang mempunyai nilai tertinggi. Dan, akhirnya yang aku terpilih jadi Bu Lurah. Awalnya, aku nggak terlalu suka. Tapi, belakangan ini belakangan ini aku merindukan panggilan “ Bu Lur.....”. Kemudian, kami membuat yel-yel untuk JUMNAS besok. Dan, akhirnya terpilihlah lagu Jogja Istimewa untuk upacara pembukaan.

Foto Bersama....sebelum tidur abis galau,,,, :-)

ini lagi pada galau,,,, 

narsis maning,,,,he  he....

0 komentar:

Posting Komentar